Minggu, 16 Oktober 2011

Perkenalan Komputer

IT merupakan tekhnologi buatan manusia yang memudahkan mereka dalam membuat / mengolah, mengirimkan serta media penerima informasi baik berupa voice maupun data. Semua media ini telah terstruktur dan terkomputerisasi dalam membentuk satu kesatuan yang komplet yang nantinya menunjang keseharian manusia dalam beraktivitas. Salah satu kemajuan IT adalah ditemukannya computer, yang semakin lama semakin canggih, baik dari segi spek-nya maupun kegunaan atau fungsinya. Tidak sampai di situ saja, agar manajemen dan maintenance beberapa computer dapat berjalan se-efisien mungkin maka dibentuklah suatu network computer yang nantinya bisa digunakan untuk berbagi sumber daya, data, dan program dari sebuah computer server. Server yang baik adalah computer yang mampu melayani dan merespon request dari client secara continue serta memelihara dan menjaga jalannya lalu lintas jaringan lokal. Jadi sebuah computer server dianjurkan mempunyai spek yang cukup tinggi, tergantung dari jumlah client yang dilayani. Sebagai referensi, adapun media network computer adalah PC, NIC, Switch, Router, Kabel UTP, Modem, HUB, dan Accest Point

Komputer sendiri memiliki 3 bagian penting, yaitu hardware, software, dan braiware. Hardware mempunyai 4 bagian yang sangat menunjang yaitu input device, output device, processing device, dan storage device

Input Device adalah peragkat keras sebuah computer yang berfungsi sebagai media masukkan yang nantinya direspon oleh system, contohnya adalah keyboard, mouse, dan power supply.

Output Device adalah peragkat keras sebuah computer yang nantinya berfungsi sebagai media keluaran setelah menerima respon dari system, contohnya adalah monitor, printer, webcam, dan sound speaker.

Processing Device adalah peragkat keras sebuah computer yang berfungsi sebagai media pemroses data yang nantinya data tersebut akan diolah lagi oleh perangkat yang lain, contohnya adalah CPU, chipset, dan port fisik.

Storage Device adalah peragkat keras sebuah computer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data. Storage Device dibagi menjadi 2 bagian yaitu media yang hanya bisa membaca dan media yang bisa membaca sekaligus ditulisi. Media yang hanya bisa membaca, contohnya adalah ROM (Read Only Memory) sedangkan media yang bisa membaca sekaligus ditulisi, contohnya adalah RAM (Read Access Memory).

Hardware tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung oleh software yang menunjang. Salah satu program yang sangat menunjang dalam detecting hardaware adalah program BIOS (Basic Input Output System).

Sebagai tambahan referensi, BIOS dibagi dalam 3 produk yaitu PHOENIX, AMI, dan AWARD.
Sedangkan media penghubung antara hardware dan softweare adalah OS (Operating System). OS dibagi menjadi 2 yaitu close source dan open source. Contok produk close source adalah Windows dan Mac. Sedangkan produk open source adalah Unix dan Linux.

Media terakhir yang sangat menunjang dalam system computer adalah brainware atau user. Semakin expert seorang user maka semakin baik pula pengfungsian dari sebuah computer. Seorang user yang ahli masalah database maka pengfungsian komputernya akan berbeda dengan user yang mahir masalah networking.


sekian :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar